Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Minum Teh Saat Berbuka! Ini Alasannya

Bulan puasa memang tak nikmat rasanya ketika buka tanpa yang dingin-dingin. Apalagi es teh, dengan manisnya serta harumnya teh membuat tenggorokan lega meinum es ketika berbuka puasa.

Sudah menjadi kebiasaan umat muslim Indonesia saat berbuka puasa minum teh. Apalagi jika disajikan dengan kondisi dingin, pasti sangat menyegarkan bagi tubuh setelah menahan dahaga dari subuh sampai adzan magrib tiba. Tenggorokanpun terasa rileks setelah menikmatinya.

Namun kalian perlu tahu bahwa minum teh saat berbuka memiliki dampak yang kurang baik. Apalagi dalam kondisi perut kosong. Memang selain memiliki dampak negatif, teh juga memiliki banyak manfaat.

Berbuka dengan minum teh saat seharian menahan puasa kurang baik bagi tubuh dikarenakan kandungan kafein di dalam teh yang cukup tinggi bisa membuat zat asam dan basa pada tubuh menjadi tidak seimbang. Hal itu pun membuat dampak terhadap tubuh menjadi cemas kurang tidur.

Reaksi tubuh terhadap teh memang berbeda-beda. Teh juga dapat membuat seseorang bisa sering buan air kecil. Itu semua tergantung pada kondisi setiap manusia.

Maka dari itu, lebih baik berbuka puasa dengan air putih hangat. Air putih hangat diminum saat berbuka puasa dapat melepas dehidrasi bagi tubuhmu. Baru setelah itu, kamu bisa makan buah kurma yang manis saat buka puasa sebagaimana yang dianjurkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.