Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Ramai di Jogja

rekomendai ngabuburit di jogja

Sembari menunggu adzan magrib tiba, banyak umat muslim yang ramai ngabuburit atau sekedar menunggu waktu berbuka. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadan di sore hari untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Berbicara soal ngabuburit, banyak orang memanfaatkan waktu ngabuburit untuk mencari kebutuhan berbuka, mengaji, jalan-jalan dan sebagainya. Rasanya memang perlu keluar rumah untuk menyibukkan diri sembari adzan magirb tiba. Khusus kamu yang sedang di Jogja, ada beberapa spot menarik yang paling favorit untuk ngabuburit. Berikut sudah kami rangkum, tempat ngabuburit favorit di Jogjakarta.

Jalan Malioboro

Sudah gak diragukan lagi bahwa malioboro merupakan ikon kota Jogja. Baik bulan ramadan atau hari biasa, tempat ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Kamu bisa sambil ngabuburit dengan temanmu di jalan malioboro. Ada banyak penjual yang bisa memberikan sajian takjil untukmu berbuka. Duduk di kursi dan menikmati senja sembari menanti berbuka merupakan hal yang paling tak terlupakan bagi kamu ketika di Jogja.

Titik 0 Km Jogja

Ngabuburit di titik 0 KM Jogja bisa menjadi refrensi kamu. Tempat ini berada di sisi selatan Malioboro. Kamu bisa menikmati lalu lalang kendaraan, bangunan tua sembari menunggu waktu adzan magrib tiba. Berada di titik 0 KM Jogja bisa memberikan kenangan buatmu, apalagi bagi kamu yang pendatang.

Alun-alun Utara Jogja (Altar)

Dari malioboro ke selatan sampai titik 0 KM Jogja, kemudia keselatan lagi, kamu akan menjumpai alun-alun utara (altar)  Jogja. Tempat ini menjadi tongkrongan anak-anak muda. Di sekitarnya terdapat warun-warung yang menjajakan aneka makanan. Kamu bisa berkunjung ke Alun-alun utara (altar)untuk ngabuburit bersama sahabatmu. 

Alun-alun Kidul Jogja (Alkid)

Tempat ngabuburit yang satu ini cukup ramai dikunjungi masyarakat. Banyak wahana permainan seperti odong-odong di alun-alun kidul (alkid) dapat kamu coba selagi menunggu waktu berbuka tiba. Di sekitar alun-alun kidul juga terdapat banyak aneka jajanan yang bisa menjadi takjil buat kamu berbuka. Tidak salahnya kamu datang ke alun-alun kidul Jogja untuk ngabuburit.

Kampung Ramadhan Jogokaryan

Kampung ramadan Jogokaryan salah satu ikon Jogja ketika bulan ramadhan. Kampung ini yang terletak di Jogokaryan selalu ramai menjelang sore hari. Banyak aneka jajanan dijual di kampung Jogokaryan. Jika kamu tidak memiliki uang, kamu bisa mampir ke Masjid Jogokaryan untuk mendapatkan takjil gratis. Hampir setiap tahun, kampung ramadan Jogokaryan selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berbuka mencari takjil atau ke Masjid Jogokaryan untuk berbuka bersama dan beribadah.

Lembah UGM

Di sisi utara Jogja juga terdapat spot ngabuburit yaitu lembah UGM. Sepanjang jalan disini terdapat aneka takjil. Kamu juga bisa melakukan joging di lembah UGM. Di sekitar kawasan ini juga ada Masjid UGM. Kamu juga bisa berbuka bersama di masjid UGM tersebut sekaligus shalat magrib.

Masjid Gedhe Kauman

Buat kamu yang ingin mencari takjil sekalgus ngabuburit, kamu bisa mendatangi masjid Kauman. Lokasinya berada di sisi barat Alun-alun Utara (Altar). Masjid Kauman juga memiliki daya tarik bagi warga sekitar. Setiap menjelang berbuka, masjid ini selalu dipadati umat muslim baik dari warga sekitar maupun pendatang.

Itulah beberapa tempat yang bisa menjadi refrensimu untuk ngabuburit di Jogja. Masih banyak tempat lain juga yang bisa kamu cari ketika ngabuburit di Jogja.