Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Lengkap Esai PPG Prajabatan 2022

Halo teman-teman semua, jadi kali ini saya akan berbagi mengenai jawaban lengkap isi untuk teman-teman pendaftar PPG prajabatan Tahun 2022. Sebelum saya berbagi tentang jawaban untuk isi dari a sampai G ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman semua yang pertama adalah teman-teman ketika menjawab isi itu mohon menjawab to the point jangan bertele-tele dan jawab dengan pengalaman yang sudah dilakukan. Jangan yang akan dilakukan atau yang belum dilakukan, nanti akan kelihatan. Karena isi ini adalah berbagi pengalaman yang sudah dikerjakan.

Yang kedua teman-teman buat dulu jawabannya di Microsoft Word. Jadi teman-teman ketik dulu jawabannya. Kenapa saya begitu, jadi nanti ketika teman-teman nanti akan wawancara, nanti ketika teman-teman lulus tes begitu ya kemungkinan besar esai ini akan digunakan lagi ditanyakan begitu, sehingga teman-teman punya jawaban yang sama dan konsisten bahwa itu adalah jawaban yang memang pengalaman yang sudah dilakukan.

Ketiga, sekali lagi teman-teman silahkan simpan dulu ya dan mudah-mudahan teman-teman semua nanti lulus di tes prajabatan ini. Nah untuk itu, langsung kita kupas pertanyaan esai PPG Prajabatan:

Apa yang memotivasi anda menjadi guru

Teman-teman silahkan pikiran dahulu ya, misalkan adalah saya termotivasi untuk atau berkeinginan memajukan sumber daya manusia Indonesia atau motivasinya adalah teman-teman punya keluarga orang tua kakak yang jadi guru. Silahkan ceritakan menurut teman-teman bahwa guru itu adalah profesi yang paling mulia,  gitu ya. Sehingga teman-teman termotivasi untuk menjadi guru silahkan itu ya karena masing-masing pasti memiliki motivasi yang berbeda-beda.

Apa yang anda lakukan untuk mewujudkan motivasi tersebut

Misalkan teman-teman kuliah yang baik ketika S1 kemudian mengikuti berbagai pelatihan ataupun workshop berkaitan dengan pendidikan ataupun sering berdiskusi dengan teman-teman guru sehingga teman-teman punya bekal ya untuk mewujudkan motivasi tersebut

Tantangan apa yang Anda hadapi dalam mewujudkan motivasi tersebut

Silahkannya teman-teman yang penting saja menuliskannya seperti yang dirasakan oleh teman-teman misalkan tantangannya adalah sulit mengatur waktu atau kuliahnya yang padat ataukah kemampuan membayar yang biaya kuliah yang mahal atau apa gitu. Silahkan sampaikan itu yang penting itu adalah nyata bahwa itu adalah tantangan teman-teman dan saya yakin teman-teman juga sudah mengatasinya misalkan kuliah dengan apa rajin supaya pertama sambil berwiraswasta sehingga teman-teman punya bekal untuk membayar uang kuliah

Apa kelebihan yang mendukung peran andabsebagai guru

Misalkan teman-teman punya keinginan menjadi guru itu adalah memang keinginan dari hati bukan karena ikut teman begitu atau lihat sertifikasinya begitu? Bukan begitu ya! Tapi keinginan tulus dari teman-teman untuk menjadi guru pengabdian untuk mencerdaskan bangsa Indonesia ya. Teman-teman punya keluarga yang menjadi guru sehingga ketika ada kesulitan atau permasalahan teman-teman bisa minta tolong kepada keluarga untuk berbagi pengalaman dan lain sebagainya.

Untuk pertanyaan Esai PPG Prajabatan bagian B silahkan klik di sini.