Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Limbah Buah

Yuk, cobain buat pupuk organik dari limbah yang tak terpakai. Salah satunya dari buah nanas. Jangan heran dulu ya guys, bukan buahnya kok yang dijadikan pupuk, tapi kulitnya.

Limbah buah dapat dijadikan pupuk organik. Salah satu buah yang dapat dijadikan pupuk organik adalah kulit buah nanas. Namun buah apapun bisa dijadikan sebagi pupuk organik. Kulit buah nanah bisa kita dapatkan di tempat pengolahan makanan, restoran, dan limbah rumah tangga.

Kulit buah nanas dapat dijadikan pupuk organis cari (POC). Pada limbah kulit buah nanas memiliki unsur hara yang cukup baik bagi tanah seperti nitrogen, kalium, pospor. 

Dengan adanya kandungan pada limbah kulit nanas, maka sangat baik bagi perkembangan tanaman. Lalu, bagaimana cara membuat pupuk organik dari limbah buah nanas? Berikut ini caranya:

1. Siapkan limbah sisa kulit nanasmu ke dalam komposter lalu campur dengan dekomposer. Lakukan dengan fermentasi.

2. Potong kulit nanas tadi kecil-kecil supaya lebih mudah nanti memasukkannya ke urban komposter.

3. Lalu masukkan dekomposer dan kulit nanas yang sudah dipotong ke urban komposter.

4. Tutup rapat urban komposter. Tunggu 10 hari.

5. Di hari ke-11, buka urban komposter kemudian tambahkan air secukupnya untuk mengurangi keasaman pada pupuk organik limbah buah nanas agar tidak terlalu asam.

6. Siramkan ke tanaman.

Itulah cara memanfaatkan buah nanas untuk dijadikan pupuk organik. Semoga bermanfaat teman. Share juga supaya bermanfaat bagi kerabatmu.