Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Di bulan ramadan ini, banyak umat muslim yang menghabiskan waktunya di rumah. Berpuasa jika keluar rumah terutama di siang hari tanpa tujuan atau sekedar main-main memang tidak menguntungkan bagi kita. Terlebih saat sedang puasa, lebih baik tidur di rumah mendapatkan pahala.

Namun menjelang sore tiba, mendekati buka puasa, kita akan menemukan pemandangan di pinggir jalan orang berjualan takjil, sibuk menyiapkan makanan berbuka, dan sebagainya. Namun ada rutinitas umat muslim ketika menjelang buka tiba terutama yang muda-muda yaitu ngabuburit. Istilah ngabuburit ini sebenarnya kurang terkenal di dunia islam, namun bagi remaja istilah ngabuburit cukup terkenal yang berarti menunggu waktu berbuka dengan kegiatan-kegiatan apapun. Bisa kegiatan positif maupun kegiatan negatif.

Salah satu kegiatan ngabuburit yang sering dilakukan anak muda yaitu dengan mengunjungi tempat-tempat ramai di daerahnya. Sekedar duduk-duduk, mengobrol, menikmati pemandangan, mengunjungi masjid, berbagi takjil, dan masih banyak lagi kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan.

Nah, kali ini kita akan berjalan ke kota pelajar (Yogyakarta) untuk mengetahui tempat ngabuburit yang menjadi favorit bagi warga Jogja. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Alun-alun Kidul (Alkid)

Siapa yang tidak kenal Alun-alun Kidul (Alkid). Kawasan yang populer dengan mitos melewati dua pohon di Alun-alun Kidul (Alkid) dengan menutup mata, jika berhasil maka banyak keberuntungan. Selain dikunjungi setiap hari oleh wisatawan, Alun-alun Kidul (Alkid) sangat rekomended buat kamu yang ingin ngabuburit. Banyak wahana yang bisa dicoba sembari menunggu buka puasa seperti andong, main layang-layang, dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga di Alun-alun Kidul (Alkid) seperti Joging. Tak perlu khawatir saat waktu buka tiba, kamu bisa mencicipi makanan di Alun-alun Kidul (Alkid). Ada pedagang bakso, es, pecel lele. Tidak ada salahnya kamu coba Alun-alun Kidul (Alkid) sebagai daftar tempat tujuan kamu untuk ngabuburit.

2. Alun-alun Utara (Altar)

Bergesar ke sisi utara dari Alkid, kita akan menjumpai Alun-alun Utara (Altar). Kawasan yang berada di pusat Kota Yogyakarta ini bisa menjadi tujuan kamu untuk ngabuburit bersama sahabat dekatmu. Namun di kawasan ini tidak seramai di Alkid, karena Alun-alun Utara (Altar) memiliki pagar yang mengelilinginya. Maka pengunjung hanya bisa menikmatinya di trotoar jalan setempat. Setidaknya, tempat ini bisa menjadi alternatif menunggu buka puasa melihat lalu lalang pusat kota, mengunjungi Keraton Yogyakarta dan menikmati keramaian Ibu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

3. Pendopo Lawas

Di sisi timur Alun-alun Utara (Altar), kamu akan menemukan Pendopo Lawas. Pendopo Lawas adalah tempat wisata kuliner di Jogja. Dengan harga yang pas di kantong, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai refrensi ngabuburit sekaligus buka bersama di sini, ditambah suasana kota Yogyakarta yang bakal membuatmu kangen jika sudah meninggalkan tempat ini.

4. Titikk 0 KM Yogyakarta

Kawasan yang menjadi pusat ikonik Kota Yogyakarta. Titik 0 KM Yogyakarta tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Selama 24 jam, ada saja orang-orang yang berkumpul di Titik 0 KM Yogyakarta. Titik 0 KM Yogyakarta sangat cocok bagi kamu yang ingin ngabuburit sederhana menikmati lalu lalang kendaraan, selfie, ngobrol, berbagi takjil. Di sini juga sudah disediakan fasilitas lengkap, kursi duduk, air minum, spot foto. Pokoknya pas dengan gaya anak muda yang instragamable.

5. Malioboro

Dimana letak Malioboro? Jika kamu berada di Titik 0 KM Yogyakarta, kamu hanya perlu berjalan ke sisi utara untuk menemukan Malioboro. Kamu akan menemukan deretan ruko, pedagang, kursi duduk, dan keramaian. Maka itulah Malioboro. Kawasan pejalan kaki yang ramai lalu lalang seperti di Jepang. Menunggu waktu buka dengan ngabuburit di Malioboro cukup mempercepat waktumu berbuka. Kamu bisa mencari takjil di Maliobor, banyak penjual takjil disini, dari yang murah hingga yang mahal bisa kamu temukan di Malioboro. Tidak perlu khawatir soal shalat, karean ada masjid juga di Malioboro. Bagaimana? Tertarik ngabuburit ke Malioboro?

Segitu dulu rekomendasi tempat ngabuburit yang menjadi favorit di Jogja. Selain bulan Ramadan, tempat tersebut juga ramai di hari biasa. Semoga bermanfaat.