Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor Yang Bikin Adem

pohon untuk halaman rumah

Memiliki rumah yang luas dengan pajangan tanaman hias membuat suasana adem merupakan dambaan orang-orang. Ketika bosan dengan ruangan rumah yang gerah membuat penghuni malas berlama-lama di dalam rumah, apalagi jika ada tamu datang, rasanya seperti tidak nyaman menerima tamu. Bila ruangan rumah dihiasi beragam tanaman, maka akan membuat suasana rumah adem dan dan udara terasa lebih segar.

Salah satu alasan mengapa orang-orang mulai tertarik menghiasi rumahnya dengan tanaman, karena akan membantu lingkungan kerja, pekerjaan, menjadi lebih tenang. Selain itu pula, perubahan iklim yang tak menentu terutama cuaca panas membuat udara meningkat dan menjadikan tubuh gerah. Berikut ini beberapa tanaman yang cocok untuk menghiasi ruangan outdoor, dikutip dari sariagri.

Pohon mangga

Pohon halaman rumah
source:pixabay

Siapa yang tak kenal pohon mangga? Pohon ini merupakan pohon yang paling banyak ditanam di komplek perumahan karena dapat tumbuh dengan cepat, rimbun akarnya ke dalam tanah sehingga tidak merusak struktur lantai dan buahnya dapat dimakan ketika panen tiba. Pohon mangga ini dapat mencapai tinggi hingga 10-40 meter namun ketika ingin menanam pohon ini di halaman rumah, cukup tanam dengan pohon mangga cangkokan agar tingginya hanya 4-10 meter. Jika berbuah, maka akan menambah kegembiraan bagi penghuni rumah.

Cemara pinsil

tanaman peneduh halaman rumah
source:ayoketaman

Kalau kamu mencari pohon peneduh rumah yang tidak memiliki dahan yang tumbuh melebar dan tidak memiliki jumlah daun yang banyak agar tidak sering membersihkan rumah dari daun-daun yang kering dan gugur, jawabannya adalah pohon cemara pinsil.  Tanaman ini dapat tumbuh tinggi menjulang sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas.

Ketapang kencana

pohon untuk halaman rumah
source:ayoketaman

Pohon ketapang kencana menjadi salah satu pohon yang wajib dimiliki kalau kamu ingin memiliki rumah yang teduh. Pohon ketapang kencana memiliki karakter yang sangat indah, rapi serta dahannya yang berlapis lapis sehingga amat sangat cocok digunakan sebagai peneduh rumah. Pohon ini cocok ditanam pada taman kecil depan rumah atau di lahan yang sempit. Hanya saja ketika memutuskan menanam pohon ini, jangan menanam pohon ini terlalu dekat dengan bangunan. Hal ini dikarenakan diameter naungan yang bisa sangat lebar sehingga dapat merusak struktur bangunan.

Pohon tanjung

Pohon outdoor
source:rumahtaman

Pohon selanjutnya yang cocok ditanam di depan rumah adalah pohon tanjung. Daunnya yang lebat dan tak mudah rontok akan membuat halaman Anda menjadi lebih adem. Rantingnya tidak terlalu besar dan tidak mudah patah. Perawatan pohon ini sangat sederhana sebab tahan terhadap banyak gangguan di lingkungan sekitar.  Kekurangan menanam pohon ini karena pohon ini harus ditanam di halaman rumah yang luas. Oleh karena itu, pohon tanjung sering digunakan sebagai tanaman peneduh tepi jalan dengan polusi yang tinggi.  

Kamboja putih

pohon untuk outdoor
kamboja putih (pixabay)

Pohon kamboja sangat identik dengan lahan pemakanan. Namun saat ini penggunaanya sudah banyak di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Cabang dan ranting pohon kamboja memberikan kesan estetik ketika dilihat. Banyak jenis perbaedaan daun dan wrana bunga pohon kamboja. Namun apabila ingin rumah Anda teduh, pilihan yang tepat jatuh pada bunga kamboja putih. Kamboja putih memiliki daun yang cukup besar dan rimbun sehingga sangat tepat ditanama di pekarangan rumah Anda.