Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Yang Memiliki Masjid Terbanyak Indonesia Salah Satunya

DAFTAR NEGARA DENGAN JUMLAH MASJID TERBANYAK DI DUNIA

Inilah negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Indonesia berada di urutan pertama dengan jumlah yang hampir mencapai 1 juta masjid di Indonesia. Assalamualaikum.. Bicara soal masjid tentu yang pertama ada di benak kita adalah tempat ibadah umat Islam. Sebagai agama yang paling banyak pemeluknya, masjid tentu juga harus memberikan tempat sesuai dengan jumlah warga di sekitarnya. Namun Islam juga memudahkan pemeluknya untuk beribadah di rumah, meskipun yang utama tetaplah di Masjid.

Agama Islam banyak di peluk di wilayah Benua Asia terutama Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.  Tak sedikit pula di Afrika dan Eropa. Melihat banyaknya umat muslim di wilayah tersebut, tentu dapat ditemukan banyak rumah ibadah yang memfasilitasi muslimin beribadah. Sebagai negara dengan pemeluk islam terbanyak, Indonesia memiliki jumlah terbanyak masjid di dunia.

Berikut ini merupakan 10 Negara dengan jumlah masjid yang dimilikinya.

Indonesia

Indonesia dengan populasi yang hampir 273 juta mengindikaskan bahwa rumah ibadah sangatlah banyak ditemukan. Dari data yang telah dihimpun, jumlah masjid yang berada di Indonesia sekitar 800.00-an masjid yang terebar di seluruh Indonesia. Sebagai pemilik jumlah masjid terbanyak, kita patut memberikan contoh kepada dunia apalagi tidak hanya islam saja di Indonesia, melainkan beragam agama bisa berdampingan di sini. Kita harus terus bertoleransi agar tetap menjadi negara yang kuat dan damai.

India

India terletak di Asia Selatan. Walaupun sering kita dengar dan menonton di televisi bahwa India merupakan mayoritas beragama hindu, namun masjid di India juga tak kalah banyak dengan puranya. Jumlah masjid di India sekitar 300.000-an masjid. Artinya, India juga patut diperhitungkan muslimnya.

Bangladesh

Bangadesh yang bertetanggaan dengan India juga tak kalah banyak soaal jumlah masjid. Menurut data yang telah dihimpun, Bangladesh memiliki masjid dengan jumlah 250.000-an. Wah luar biasa ya.

Pakistan

Masih di wilayah Asia Selatan, Pakistan juga mayoritas dihuni penganut agama islam. Jumlah masjid di Pakistan sekitar 120.000-an masjid. Cukup banyak dengan luas negara yang tak sebesar Indonesia.

Mesir

Mesir berada di benua Afrika. Mayoritas penduduk Mesir beragama Islam. Dengan penduduk yang didominasi Islam, Mesir memiliki maajid yang cukup banyak dengan jumlah hampir 110.000 masjid. Pasti Mohammed Salah sering ke masjid yang telah kami data.

Arab Saudi

Sebagai negara berjuluk Tanah Suci, keberadaan masjid di Arab Saudi tidak sebanyak dengan Indonesia.  Dengan penduduk yang hampir 35 juta pada tahun 2020, tentu jumlah masjid di Saudi Arabia lebih sedikit dibanding Indonesia yang ratusan juta penduduk. Jumlah masjid di Arab Saudi sekitar 98.000-an.

Turki

Turki terlatak di Benua Eropa. Islam cukup banyak dianut di Turki meski masih banyak juga agama lainnya. Jumlah masjid di Turki sekitar  82.000-an.

Iran

Iran merupakan megara di kawasan Asia. Mayoritas penduduk Iran menganut agama Islam. Jumlah masjid di negara ini berkisar 58.000-an.

Maroko

Selain Mesir, Maroko juga memiliki jumlah masjid yang cukup banyak. Di wilayah Afrika, Maroko berada di urutan kedua. Jumlah masjid di Maroko sekitar 51.000-an.

Yaman

Negara timur tengah cukup mendominasi dalam hal jumlah masjid, salah satunya Yaman. Sebagai negara yang mayoritas muslim. Yaman memiliki masjid dengan total sekitar 50.000-an.

Bagaiaman sobat? Makin bertambah kan pengetahuan kita. Tentu data ini masih kurang lengkap. Masih banyak di pelosok masjid-masjid yang belum diamati. Setidaknya sebagai umat beragama, kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain.