Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Produk Pangan Khas Daerah Hewani

Beberapa contoh produk pangan khas hewani yang ada di Indonesia misalnya telur asin, dadih, ikan asin, dan rendang. Keempat produk ini sudah jelas dikenal oleh masyarakat luas Indonesia dan terus dikembangkan baik secara kuantitas maupun kualitasnya.

Beberapa contoh produk pangan khas hewani yang ada di Indonesia misalnya telur asin, dadih, ikan asin, dan rendang.

Telur Asin

Telur asin adalah makanan yang berbahan baku telur itik yang dilakukan pengawetan dengan penggaraman. Penambahan garam ini berfungsi sebagai pengawetan produk yang memberikan cita rasa khas pada telurnya. Setelah di awetkan dengan garam, telur menjadi awet sampai 30 hari pada suhu ruang. Telur asin dikenal sebagai makanan khas Brebes, Jawa Tengah.

Dadih

Dadih atau dadiah adalah hasil fermentasi secara alamiah air susu kerbau dalam tabung bambu. Dadih berasal dari Sumatera Barat dan Jambi. Dadih memiliki kaya akan gizi.

Ikan Asin

Ikan asin adalah ikan laut yang diawetkan dengan penambahan garam dan penjemuran untuk mengurangi kadar airnya. Ikan asin merupakan makanan khas pantai yang dekat dengan sumber bahan baku.

Rendang

Rendang adalah makanan khas yang berbahan dasar daging sapi dengan cita rasa pedas diperkaya dengan beragam rempah dan bumbu terutama cabe dan kelapa. Rendang merupakan makanan khas Padang, Sumatera Barat.

Nah, ituulah beberapa produk pangan hewani yang bisa menambah pengetahuan kamu nih.