Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Ciri-ciri TV Sudah Digital

apa ciri-ciri tv digital

Ciri-ciri TV sudah Digital

TV digital mempunyai ciri-ciri yang enteng dikenali, baik itu secara fisik maupun fungsi. Televisi digital sanggup menerima sinyal siaran digital tanpa alat bantu dekoder. Pemerintah telah jadi menjalankan kebijakan peralihan siaran televisi analog ke siaran televisi digital dengan menghentikan siaran analog di beberapa lokasi di Indonesia.

Kapan Siaran TV Analog Berakhir?

Kapan harus ganti ke TV Digital? Tahap 1 penghentian siaran televisi analog telah dilakukan terhadap 30 April 2022. Tahap bakal dilakukan terhadap 25 Agustus 2022 dan Tahap 3 bakal dilakukan terhadap 2 November 2022. Dengan demikian, perlu bagi Anda untuk segera beralih ke siaran televisi digital sehingga selalu sanggup menikmati siaran televisi nasional dengan mutu gambar yang lebih bersih tentunya.

Seperti yang diketahui, tidak semua perangkat televisi sanggup menerima sinyal siaran digital. Istilah "TV Digital" pun muncul, mengacu terhadap perangkat televisi yang sanggup menerima siaran digital tanpa dekoder.

Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum

Anda sanggup dengan enteng mengenalinya secara fisik ataupun fungsi. Berikut ini cara mengecek tv sudah digital apa belum.

Ciri-ciri TV Digital :

Perhatikan Kemasan TV

Ciri yang pertama sanggup menopang anda mengetahui TV digital yang menghendaki dibeli di toko elektronik. Namun, langkah ini terhitung sanggup anda terapkan terhadap TV yang telah Anda mempunyai di rumah.

Lihat terhadap kemasan atau box TV, kecuali terkandung postingan atau label DTV, DVB, DVB-T, atau DVB-T2 maka sanggup dipastikan TV selanjutnya telah digital.

Lihat terhadap Menu TV

Ciri selanjutnya dari TV digital adalah terkandung menu spesifik yang berfungsi untuk menampilkan siaran televisi secara digital.

Silakan hidupkan televisi anda lantas tekan tombol INPUTS atau SOURCE terhadap remote TV anda. Untuk TV Digital, kebanyakan bakal tersedia opsi atau menu bernama DTV.

Jika tidak ada, bukan berarti TV anda tidak menopang siaran digital. Masih tersedia langkah lain untuk mengeceknya.

Masih terhadap menu televisi, pilih menu Programmes atau sejenisnya lantas pilih menu Auto Tuning. Silakan melakukan Auto Tuning dengan menghimpit tombol START.

Saat Auto Tuning tengah terjadi kebanyakan bakal tersedia beberapa info di anggota bawah pencarian frekuensi: DTV, RADIO, dan TV.

Fokus terhadap info DTV yang menandakan TV di tempat tinggal anda telah digital dan sanggup menangkap siaran televisi digital.

Periksa Merek dan Tipe TV secara Online

Ciri lainnya dari TV digital adalah telah terdaftar atau masuk dalam database "Perangkat Televisi yang Sudah Mendukung Siaran Digital di Indonesia" Kominfo.

Perlu diingat bahwa ini bakal selalu diperbarui. Dengan demikian, tidak termasuk semua TV digital yang beredar di Indonesia.

Untuk mempercepat pencarian, ketikkan merek TV anda terhadap kotak Merek. Jika anda mengerti jenis atau mode dari TV tersebut, ketikkan terhadap kotak Model/Tipe.

TV Digital Sudah Pasti Dapat Menangkap Siaran Digital

Televisi analog hanya sanggup menerima sinyal siaran analog, namun TV digital kebanyakan sanggup menerima siaran digital dan terhitung analog.

Jika TV di tempat tinggal anda telah sanggup menangkap siaran digital tanpa menggunakan alat bantu Set Top Box (STB) atau dekoder maka sanggup dipastikan TV selanjutnya merupakan TV digital.