Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Data Penghasil Buah Blewah di Indonesia Menurut Provinsi

Data penghasil blewah di Indonesia cukup sedikit jika dibandingkan dengan buah lainnya. Blewah merupakan salah satu buah yang cukup sulit ditemukan di beberapa wilayah Indonesia.

Untuk mendapatkan buah blewah harus meminta distribusi dari wilayah lain. Sementara di Indonesia, hanya sebagian daerah saja yang menghasilkan blewah.

Di bulan Ramadan, permintaan blewah cukup tinggi. Musim blewah ditanaman ketika mendekati bulan puasa, selain blewah ada buah lainnya yang juga banyak ditanam mendekati Ramadan seperti melon, semangka.

Rasa blewah ini hampir sama seperti buah melon. Bedanya, warna pada blewah mirip seperti labu yaitu warna orange. Blewah memiliki tingkat kemanisan yang tinggi daripada melon. Banyak  pedagang di Bulan Ramadan mencampurkan blewah pada es campur ketika menjelang berbuka.

Buah blewah jika dibandingkan buah lainnya, blewah cukup minim keberadaanya. Ada beberapa daerah penghasil buah blewah yang masih menanam blewah setiap tahunnya.

Dihimpun dari data BPS 2020, berikut ini tabel data penghasil buah blewah di Indonesia menurut Provinsi.

Provinsi Satuan
Jawa Timur 19 709,00 ton
Nusa Tenggara Barat 6 135,00 ton
Jawa Tengah 5 293,00
Jawa Barat 996,00 ton
Sumatera Selatan 295,00 ton
Kalimantan Barat 189,00 ton
Kepulauan Riau 108,00 ton
Riau 58,00 ton
Kalimantan Timur 53,00 ton

Itulah beberapa darah penghasil buah blewah di Indonesia. Sementara itu dari keseluruhan data total penghail blewah di Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 33 056,00 ton per tahun.