Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidur Yang Baik di Jam Siang

Menurut para ahli, tergantung pada kebutuhan dan karakteristik fisik, setiap orang akan memiliki cara tidur siang yang berbeda, tetapi tidur siang singkat 10-20 menit memiliki dampak yang sangat baik.

Tidur siang yang baik secara singkat di siang hari sangat penting, dapat memberi kita energi yang diperlukan untuk membantu kita merasa nyaman secara fisik dan mental sepanjang hari, terutama dengan tidur diantara pukul 13:00.

Merencanakan Tidur Siang

Ini adalah jenis tidur yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu, artinya kamu tidur sebelum merasa sangat lelah untuk menghemat energi. Jika kamu harus begadang sepanjang malam, tidur siang bisa sangat membantu.

Tidur siang "darurat"

Ketika kamu merasakan kelopak mata terkulai, itu berarti tubuhmu sangat membutuhkan istirahat. Tubuh kamu menunjukkan tanda-tanda kelelahan, dan perlu menutup mata dan beristirahat. Misalnya, jika tidur "darurat" ini terjadi saat mengemudi, menepilah ke tempat yang aman di mana kamu bisa tidur siang sebentar.

Kebiasaan tidur Siang

Jenis tidur siang ini paling sering terjadi pada anak-anak karena terjadi setiap hari, pada waktu tertentu. Selain anak-anak, orang dewasa terkadang juga begitu. Namun, ketika tidur siang ini sudah biasa dijadwalkan, tubuh Anda akan selalu menuntut tidur pada waktu itu. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk tidur.

Tidur 10-20 menit di siang hari

Ketika kamu harus tetap terjaga sepanjang hari, tidur siang yang singkat dapat memberikan energi yang kamu butuhkan untuk menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan fokus selama beberapa jam kedepan. Menurut penelitian oleh National Sleep Foundation, tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan kinerja dan suasana hati lho. Tidur ini tidak pernah sia-sia dan cobalah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Jika kamu merasa membutuhkan tidur yang mendesak dalam situasi di mana tidak ada banyak waktu untuk beristirahat, cobalah tidur siang yang singkat namun efektif. Tidak ada yang bisa menggantikan tidur malam yang panjang. Itu juga mengapa para ahli menyarankan untuk tidak tidur setelah jam empat sore. Mereka juga menyarankan kamu memilih posisi tidur yang berbeda daripada di tempat tidur biasanya agar dapat "menipu" otak kamu, dan tidur nyenyak seperti biasa. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan kepada semua orang.