Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bendungan Bagi Masyarakat

Pembangunan bendungan merupakan salah satu kemajuan untuk sektor pertanian dan perkebunan. Bendungan merupakan sebuah kontruksi yang dapat menampung dan memberikan cadangan air ketika musim kemarau tiba. Dalam proses pembangunan bendungan di Indonesia kerap kali mendapatkan pertentangan mulai dari pembebasan lahan, material dan dampak lingkungannya.

Di sisi lain, bendungan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Tujuan awal pembangunan bendungan adalah untuk memaksimalkan hasil bumi sektor pertanian.

Berikut merupakan manfaat bendungan bagi masyarakat:

Menyimpan cadangan air

Bendungan dapat menyimpan cadangan air. Saat musim kemarau tiba, air dari bendungan akan dialirkan ke masyarakat baik untuk pengairan sawah, irigasi, dan sebagainya. Karena air merupakan sumber kehidupan manusia.

Mencegah Banjir

Tentu saja kedalaman bendungan dapat memberikan volume air yang besar. Volume tersebut dapat menyuplai air yang berlebih.

Tempat wisata

Sudah banyak saat ini bendungan dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat. Hal ini tentu saja memberikan dampak lain bagi warga sekitar karena dapat dimanfaatkan sebagai ladang rejeki bagi yang bermukim di sekitar bendungan baik untuk jualan, permainan  wahana, rumah makan dan sebagainya.

Menyediakan Listrik

Pembangunan bendungan dapat juga dijadikan proyek PLTA. Listrik bendungan dapat memberikan banyak energi bagi masyarakat sekitar.

Menyediaka Sumber Daya Hayati

Adanya bendungan tentu saja memberikan ekosistem baru bagi hewan khususnya ikan. Hal ini menjadi dampak positif bagi populasinya. Selain itu, manusia juga dapat memanfaatkannya.

Itulah beberapa manfaat pembangunan bendungan bagi masyarakat. Jika artikel ini bermanfaat, bagikan ke semua orang.


>