Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanda Seseorang Sudah Dewasa

Saat ini kamu umur berapa? 18? 20? Atau 25 lebih? Mungkin 30? Hmm, tidak ada patokan umur yang membuktikan bahwa orang sudah dewasa atau belum. Namun secara umum, semakin bertambah umur maka orang harus bisa memilih mana yang baik mana yang tidak.

Menurut pengalaman hidup, ada beberapa tanda kamu sudah dewasa atau belum.

Simak penjelasan berikut tentang tanda bahwa seseorang telah dewasa:

Memiliki prinsip

Kamu harus memiliki sebuah pendirian. Kamu mau A ya harus A, mau B ya harus B. Jangan plin plan. Kamu harus tau apa yang kamu pilih dan tau bagaimana cara melakukannya.

Berani Ambil Keputusan

Seseorang yang sudah dewasa ditandai dengan keputusan yang diambil harus dilalui apapun rintangannya. Semua tentu dengan pertimbangan yang sudah dipikirkan sebelum mengambil sebuah keputusan. Lebih ditekankan bahwa tidak mudah melakukannya atas tuntunan orang lain, melainkan dari hati.

Terbuka Dengan Hal Baru

Semakin beranjak dewasa, kamu akan menemukan banyak hal baru. Apapun yang sedang berada di hidupmu jika itu bukan yang kamu harapkan, maka kamu perlu menyelesaikannya. Tetaplah berjuang apapun keadaannya.

Komunikasi Yang Baik

Saat berada pada sebuah tim, kelompok, golongan atau pertemuan tertentu, kamu wajib menjadi pendengar yang baik dan sikap menghargai. Kamu juga perlu memiliki respon yang bisa menjadi lawan bicara menjadi nyambung.

Tidak Bergantung Orang Lain

Makin hari masalah makin menghampirimu. Jika bisa, kamu harus menyelesaikannya dengan semampumu. Itu akan menjadi kebiasaan bagi kamu nantinya. Ini akan menjadi bekal jika kelak kamu menikah.