Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Band Asal Lampung AdaYang Masih Eksis

Band Lampung

Lampung tidak hanya terkenal dengan pertaniannya tapi juga banyak melahrikan para musisi yang cukup populer di tanah air. Dunia musik Indonesia yang sempat jaya pada tahun 2000-an telah banyak mengenalkan band-band yang melegenda pada zamnnya.

Seiring kemajuan zaman, band-band yang dulu terkenal kini mulai meredup. Persaingan sengit ditambah kebutuhan lagu yang terus dikeluarkan membuat para musisi tidak bisa mengikutinya. Sementara beragam wadah musik seperti Youtube mampu mengalahkan band-band tahun 2000-an karena banyak melahirkan orang-orang yang mulai menyajikan konten musik.

Jika mengingat kebelakang, band-band khususnya asal lampung ini sangat populer keberadaannya pada zamannya bahkan ada yang masih eksis menjadi band papan atas hingga di tahun 2022.

Berikut nama-nama band yang berasal dari Provinsi Lampung yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Kangen Band

Ketenaran Kangen band hingga tahun 2022 tidak lepas dari persahabatan dan kepemimpinan Andika dan Doddhy. Sempat mengalami keruntuhan akibat permasalahan Andika tidak membuat Kangen Band bubar selamanya.

Band yang terbentuk pada tahun 2005 ini memiliki genre musik pop Melayu dengan ciri khas suara sang vokalis yang lembut. Beranggotakan Andika Mahesa, Dodhy, Rustam, Novri, Barry dan Halim mereka semua berasal dari Kota Bandar Lampung. Tak hanya sukses di dunia musik, mereka juga bermain di film Aku Memang Kampungan dan Minggu Pagi di Victoria Park.

Lagu-lagu band ini tetap disukai oleh pendengar setianya. Terlebih bagi generasi 2000-an lagu Kangen Band memiliki kenangan tersendiri di masa itu.

Band ini juga turut melambungkan nama Andika yang sampai saat ini tetap di kenal sebagai Andika kangen band meski dirinya sudah berkarir sebagai penyanyi solo. Andika sempat keluar dari band ini dan kabar terbaru, bergabung kembali dengan band ini dan mereka siap memberi kejutan kepada penggemar melalu lagu terbaru mereka segera dirilis.

2. Davinci

Lagu Rindu Merana sangat menarik perhatian para remaja zaman dulu. Bahkan hingga kini, lagu ini masih kerap diputar di berbagai platform musik.

Band ini dibentuk 20 Agustus 2004. Grup band asal Bandar Lampung dengan genre pop (alternative) ini beranggotakan Ferdia Iskandar (Ferdy/vokal), Ronald Lazuardy (Ronald/gitar), Yudha Angga Wijaya (Yudda/gitar), Gumarsa Deska Putra (Deska/bass) dan Novan Satria (Ivan/drum).

Davinci mulai memasuki industri musik debut album pertama mereka di bawah naungan My Music  dan Sony Music. Single pertama Davinci, Tak Mungkin Benar diciptakan oleh drummer mereka Deska. Dan single kedua dari album pertama mereka berikutnya adalah Rindu Merana.

3. Hijau Daun

Satu lagi grup band asal Lampung yang sempat menghilang namun saat ini kembali membuat lagu baru. Vokalis Hijau Daun Dide juga sempat merambah ke dunia politik namun masih kurang beruntung. Saat ini Dide dan para personel mulai kembali "menghidupkan" bandnya yang sempat vakum.

Tapi jangan salah, meski saat ini suaranya tak terdengar lagi dibelantika musik Indonesia, Hijau Daun pernah mendapat platinum sebanyak 6 kali. Pada tahun 2009 mereka dinobatkan sebagai band pendatang baru terdahsyat di ajang Dahsyat Award.

4. Beage

Album pertama band ini bekerja sama dengan KFC bertajuk Love Song. Tahun 2011, Beage merilis album kedua mereka berjudul Kekasih Idaman Dalam album yang terdiri dari 12 lagu ini mereka mengusung lagu andalan di antaranya Malam Ini dan Satu Sama.

Band ini dibentuk 2003 silam. Mulanya nama band ini b.a.g. Nama b.a.g berarti tas dipilih karena filosofi band ini yang diibaratkan sebuah tas, di dalamnya terdiri dari banyak barang namun memiliki satu tujuan. Sama halnya dengan band ini yang terdiri dari beberapa karakter tapi memiliki satu visi.

5. The Potters

Pernah jaya satu dekade lalu kemudian menghilang, Kiki vokalis The Potter's mengaku sempat terjadi konflik internal antar personil the potters pada tahun 2013. Hingga akhirnya Kiki memutuskan pulang ke Lampung dan menjadi pengurus partai politik. Band ini kekinian mencoba peruntungan membuat lagu bergenre pop dan mencoba inovasi baru dengan aransemen yang berbeda.

6. Laones

Kakak beradik asal Pringsewu Lampung ini berhasil membuat baper para netizen. Adalah Angger (kakak) sebagai gitaris dan Maulana (adik) sebagai vokalis. Maulana tak pernah menyangka, keisengannya bernyanyi di teras rumah bersama Angger yang diunggah di Facebok di tonton hingga 2 juta orang di YouTube. Bahkan banyak yang mengunggah kembali video mereka.

Menurut Maulana, lagu-lagu yang diciptakan Angger adalah tentang kehidupan dan berasal dari kisah nyata. Sebab masih saat itu sudah terlalu banyak lagu-lagu tentang percintaan. Sehingga mereka ingin membuat karya yang berbeda.

7. Udara

Sebelum mengusung nama Udara, band asal Lampung ini mulanya bernama Np. Band diawaki Irul (vocal), Mbie (bass), Nanda (gitar), Septri (keyboard) dan Boy (drum) ini pernah menelurkan album perdana Putih 2006 silam.

8. Emily

Band ini merilis Album bertajuk Permaisuriku di bawah naungan label Falcon Musik dengan single hit pertama mereka berjudul “Emily”. Lagu itu kental unsur etnik melayu berpadu rock dan dangdut. Single kedua band ini Permaisuriku di eranya juga cukup familiar di kalangan pecinta musik. 

Band lainnya yang berasal dari Lampung:

9. Beos
10. Oval
11.Aurevoir
12. Afternoon Talk
13. Zians
14. Crimsound
15. Obealix
16. OverMyHead
17. Mute
18. Napoleon
19. JaneskinsDiary
20. V.I.C. & Kevin.