Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban TIU CPNS 2023 Lengkap! (Persamaan Kata)

soal TIU CPNS dan Jawabannya

Soal TIU CPNS 2023. Menjadi seorang PNS memang masih menjadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak masyarakat di Indonesia. Setiap tahunnya peminat yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS juga semakin bertambah. Hal ini semakin menandakan jika menjadi PNS merupakan salah satu pekerjaan impian yang banyak diminati.

Namun, untuk menjadi PNS kita harus mengikuti berbagai seleksi tes yang tidak mudah. Terlebih setiap tahunnya kuota penerimaan semakin sedikit dibanding pelamar yang mendaftar. Menpan-RB juga sudah mengbarkan untuk bersiap dalam seleksi CPNS tahun ini.

Ada berbagai rangkaian ujian seleksi CPNS yang nantinya Anda harus hadapi, diantaranya adalah SKD atau Seleksi Kopetensi Dasar. SKD sendiri terdiri dari 3 tahapan tes yaitu Tes Intelegensi Umum atau TIU, Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, dan terakhir ada Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh soal TIU CPNS beserta jawabannya, yang diharapkan bisa membantu Anda agar bisa mendapatkan referensi pembelajaran.

Contoh Soal dan Jawaban Tes TIU CPNS 2023

Dibawah ini ada beberapa contoh soal TIU CPNS yang sudah kami kumpulkan beserta jawabannya, silahkan simak dan baca dengan cermat.

Materi Persamaan Kata/Sinonim

1. Mortalitas:...

a. Angka Kematian

b. Angka Kelahiran

c. Gerak

d. Pukulan

e. Tinju

Jawaban yang benar adalah:

a. Angka Kematian

Mortalitas adalah istilah yang digunakan untuk mengukur tingkat kematian dalam suatu populasi atau wilayah. Oleh karena itu, "mortalitas" berhubungan dengan "angka kematian."

2. Afrika Selatan : Pretoria = ... : ...

a. Kanada : Canberra.

b. Ekuador : Quito.

c. Kamerun: Astana.

d. Maroko : Cetinje.

e. Nigeria : Wellington.

Jawaban yang benar adalah:

b. Ekuador : Quito

Hubungan antara Afrika Selatan dan Pretoria adalah bahwa Pretoria adalah ibu kota dari Afrika Selatan. Demikian pula, Quito adalah ibu kota dari Ekuador.

3. Teman : Rekan = Mudah: ....

A. Ringan

B. Gampang

C. Sukar

D. Soal

E. Pelajaran

Jawaban yang benar adalah:

B. Gampang

Hubungan antara "teman" dan "rekan" adalah sinonim, begitu pula hubungan antara "mudah" dan "gampang" yang juga merupakan sinonim.

4. Dispensasi:....

a. Pelanggaran

b. Hadian

c. Kelonggaran

d. Perizinan

e. Bebas

Jawaban yang benar adalah:

d. Perizinan

Dispensasi adalah izin atau perizinan khusus yang diberikan untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak diizinkan dalam keadaan normal. Oleh karena itu, "dispensasi" berhubungan dengan "perizinan."

5. Konkaf:....

a. Lensa

b. Konveks

c. Optik

d. Konveksi

e. Cekung

Jawaban yang benar adalah:

e. Cekung

Konkaf adalah bentuk yang menunjukkan bahwa permukaannya melengkung ke dalam atau cekung. Oleh karena itu, lawan kata dari konkaf adalah cekung, sehingga "Konkaf: Cekung" adalah pasangan yang tepat.

5. Bulan : Bumi = Bumi : ….

a. Bintang

b. Bulan

c. Tata surya

d. Matahari

e. Planet

Jawaban yang benar adalah:

d. Matahari

Hubungan antara "Bulan" dan "Bumi" adalah bahwa Bulan mengorbit di sekitar Bumi. Demikian pula, hubungan antara "Bumi" dan "Matahari" adalah bahwa Bumi mengorbit di sekitar Matahari dalam tata surya.

6. Gudang : Barang = ….

a. Bank : Deposit

b. Bangunan : Antik

c. Buku : Perpustakaan

d. Tertutup : Terbuka

e. Lama : Baru

Jawaban yang benar adalah:

c. Buku : Perpustakaan

Hubungan antara "Gudang" dan "Barang" adalah bahwa gudang adalah tempat di mana barang disimpan. Demikian pula, hubungan antara "Buku" dan "Perpustakaan" adalah bahwa perpustakaan adalah tempat di mana banyak buku disimpan.

7. Cepat : …. = …. : Mengilap

a. Gerak - Rapi

b. Perlahan-lahan - Bersinar

c. Lambat - Bercahaya

d. Kilat - Memudar

e. Singkat - Bependar

Jawaban yang benar adalah:

e. Singkat - Bependar

Hubungan antara "Cepat" dan "Singkat" adalah bahwa keduanya menggambarkan sesuatu yang berlangsung dengan waktu yang singkat atau cepat. Demikian pula, hubungan antara "Mengilap" dan "Bependar" adalah bahwa keduanya menggambarkan sesuatu yang menjadi sangat bersinar atau mengilap dengan cepat.

8. …. : Bau = Menyilaukan : ….

a. Harum - Matahari

b. Sedap - Sinar

c. Aroma - Lampu

d. Menyengat - Cahaya

e. Busuk - Terang

Jawaban yang benar adalah:

d. Menyengat - Cahaya

Kata "menyilaukan" merujuk pada cahaya yang sangat terang sehingga bisa melukai mata. Demikian pula, kata "menyengat" merujuk pada bau yang sangat kuat atau tajam sehingga bisa mengganggu hidung. Oleh karena itu, pasangan yang tepat adalah "Menyilaukan : Cahaya" dan "Menyengat : Bau."

9. Pasir : …. = Pohon : ….

a. Semen - Daun

b. Bangunan - Burung

c. Gunung - Hijau

d. Lembut - Batang

e. Gurun - Hutan

Jawaban yang benar adalah:

e. Gurun - Hutan

Pasir biasanya ditemukan di gurun, sedangkan pohon biasanya ditemukan di hutan. Oleh karena itu, pasangan yang tepat adalah "Pasir : Gurun" dan "Pohon : Hutan."

10. Petinju:... = Pembalap: ....

a. Ring : Sirkuit

b. Atlet : Medali

c. Ronde : Mobil

d. Kuat : Helm

e. Juara : Pemenang

Jawaban yang benar adalah:

c. Ronde : Mobil

Hubungan antara "Petinju" dan "Pembalap" adalah bahwa keduanya terlibat dalam olahraga yang melibatkan perlombaan. Petinju berpartisipasi dalam pertandingan tinju, sementara pembalap berpartisipasi dalam balapan. Demikian pula, hubungan antara "Ronde" dan "Mobil" adalah bahwa ronde adalah bagian dari perlombaan mobil, di mana mobil berkompetisi dalam beberapa putaran.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Esai PPG Prajabatan Bagian C 2023

Nah itu adalah sedikit contoh dari soal TIU CPNS materi persamaan kata atau Sinonim, di pembahasan berikutnya kami akan menghadirkan materi matematika jadi tetap kunjungi situs kami ya! Semoga bermanfaat.