Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 Perusahaan Timah Terbesar di Indonesia

perusahaan timah di indonesia

Perusahaan Timah di Indonesia. Banyak masih bertanya-tanya apakah perusahaan timah di Indonesia mampu menyaingi perusahaan-perusahaan timah berskala internasional? Jawabannya Tentu IYA, kita patut berbangga karena ada satu perusahaan timah asal Indonesia yang masuk dalam jajaran perusahaan penghasil timah olahan terbaik berskala dunia lho.

Timah memang masih menjadi salah satu elemen yang banyak dicari perusahaan tambang. Di zaman yang super canggih saat ini rasanya wajar jika kebutuhan timah dari seluruh dunia terus meningkat. Di indonesia pun mengalami hal yang sama, tercatat realisasi produksi timah pada tahun 2020 saja sekitar 54 ribu ton. Pada tahun berikutnya Indonesia menempati peringkat kedua dengan total produksi sebanyak 70 ribu ton hanya berbeda tidak terlalu banyak dari China yang mencapai 90 ribu ton.

Nah apa saja perusahaan timah yang ada di Indonesia? Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan daftar perusahaan penghasil timah yang ada di Indonesia, untuk lebih jelasnya simak uraian lengkapnya dibawah ini.

Daftar Perusahaan Timah di Indonesia

perusahaan penambang timah di indonesia

Berikut adalah daftar 5 perusahaan penambang timah yang ada di Indonesia menurut Sucofindo:

1. PT Timah Tbk

PT Timah Tbk. adalah salah satu perusahaan tambang timah terkemuka di Indonesia. Berikut ini informasi lengkap mengenai PT Timah Tbk.:

Nama Perusahaan: PT Timah Tbk.

Alamat Kantor Pusat:

Jl. Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan

Jakarta 10270

Indonesia

Penjelasan Singkat:

PT Timah Tbk. adalah perusahaan yang fokus pada penambangan, pengolahan, dan pemasaran timah dan produk turunannya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1976 dan telah menjadi salah satu produsen timah terbesar di dunia. Timah merupakan komoditas penting dalam industri seperti elektronik, kimia, dan pelapisan logam.

Selain itu, PT Timah Tbk. juga terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan teknologi penambangan dan pengolahan timah, serta berkomitmen untuk menjalankan praktik pertambangan yang berkelanjutan.

2. PT Refined Bangka Tin

RBT merupakan satu diantara produsen Timah Murni Batangan yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk memenuhi naiknya permintaan timah dengan kualitas terbaik untuk dunia, melalui bisnis timah yang terintegrasi, dimulai dari aktivitas eksplorasi, tambang, pengolahan sampai pemasaran.

Nama Perusahaan: PT Refined Bangka Tin (RBT)

Alamat Kantor Pusat: 

AGEN JNE SUDIRMAN PLAZA-INDOFOOD TOWER, 

Tcc Batavia Tower One Fl.43.01, Jl. K.H. Mas Mansyur No.126, Karet Tengsin, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10220

Alamat: Jl. Kawasan Industri Jelitik, Sungailiat, Sungai Liat, Kab. Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

3. PT Mitra Stania Prima

Salah satu perusahaan pertambangan timah di Indonesia yang berlokasi di pulau Bangka Belitung. Fokus utama perusahaan ini diantaranya adalah eksplorasi, eksploitasi, tambang, produksi timah mulai dari pemrosesan, peleburan dan pemurnian, serta pemasaran dan export timah. PT Mitra Stania Prima hadir dengan tujuan untuk menyajikan pelayanan terbaik dengan metode pendekatan berkelanjutan yang cepat serta juga akurat bagi para pelanggannya.

Nama Perusahaan: PT Mitra Stania Prima

Alamat: 

Jln Kawasan Industri Jelitik, Sungailiat, Sungailiat, 

Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33215

4. PT Menara Cipta Mulia

PT Menara Cipta Mulia atau MCM merupakan satu diantara perusahaan timah di Indonesia yang menerapkan grievance mechanism dalam proses produksinya. Metode penambangan yang diterapkan pun menggunakan metode tambang terbuka, yaitu komoditas dari endapan timah bisa ditemukan berwujud biji timah primer dan letakan.

Nama Perusahaan: PT Menara Cipta Mulia

Alamat: 

Dusun Pelataran RT.01 RW.01 Desa Senyubuk Kec. Kelapa Kampit

Kab .Belitung Timur,  Bangka Belitung.

5. PT Artha Cipta Langgeng

PT Artha Cipta Langgeng adalah satu diantara perusahaan penambangan timah swasta di Indonesia. Menariknya kegiatan penambangan perusahaan ini berlokasi di laut. Perusahaan ini sudah memiliki IUP yang merupakan kepanjangan dari izin usaha penambangan khusus. Selain PT Artha Cipta Langgeng ada dua perusahaan swasta lagi yang memiliki IUP yakni PT Artha Persada Sejahtera dan PT Semesta Surya Persada.

Nama Perusahaan: PT Artha Cipta Langgeng

Alamat:

Kenanga, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, 

Kepulauan Bangka Belitung 33211

Nah itu adalah daftar 5 perusahaan penambangan timah di Indonesia, salah satunya yaitu PT Timah tbk masuk dalam daftar perusahaan penghasil timah terbesar di dunia. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel dianatha.com.