Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 TIPS LULUS PPPK 2022, RAHASIA LULUS PPPK 2022 DALAM SEKALI TES

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips lulus PPPK tahun 2022. Pada tahun 2022 ini, pemerintah tidak mengadakan tes CPNS, melainkan hanya tes PPPK. Disini saya hanya membagikan tips atau cara, boleh anda tiru atau tidak. Setidaknya saya akan berbagi panduan dalam proses menghadapi PPPK 2022. Meskipun belum ada kepastiannya kapan tesnya, namun pemerintah telah membuka posisi di setiap instansi di berbagai daerah di Indonesia.

Sekali lagu, kalian bisa menggunakan panduan dari saya maupun tidak. Langsung saja saya bahas.

1. Penuhi Syarat Administrasi

Teman-teman perlu mengetahui bahwa pada tahun lalu banyak sekali pelamar yang gugur hanya karena tidak memenuhi dokumen yang diminta oleh panita. Hampir ratusan ribu pelamar tidak lolos. Maka dari itu teman-teman harus menyiapkan administrasinya seperti;

a. Bukti Pengalaman Kerja

Teman-teman harus meminta saat ini juga karena ini merupakan regulasi syarat masa kerja yang dipenuhi minimal 3 tahun. Sayangnya fresh graduate belum layak karena belum memenuhi masa kerja.

b. Melampirkan STR

Bagi keperawatan dokumen ini sangat penting karena syarat ini memiliki masa yang lama untuk mengurusnya ya teman-teman. Maka dari itu teman-teman harus menyiapkan mulai dari sekarang juga. Untuk detail lebih lengkap silahkan mengunjungi di Kemenpanrb.

c. Perhatikan lebih jelas mengenai syarat seperti background foto, seragam foto. Karena hal tersebut juga salah satu penilaian yang akan difokuskan oleh panitia.

2. Pahami Jenis Soal PPPK

Jenis format PPPK dan CPNS sangatlah berbeda. PPPK memiliki 4 jenis soal yang memiliki PG masing-masing seperti Kompetensi Teknik, Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara. Sementara CPNS ada SKD, SKB.

3. Atur Waktu

Waktu yang digunakan hanya 150 menit. Maka dari itu teman-teman harus memnfaatkan waktunya sebaik mungkin. Setidaknya 1 menit itu kalian gunakan untuk 1 soal.